Sunday 20 November 2011

Terkini Info Bencana Kaliarus



Jembatan Kaliarus yang menghubungkan antara Desa Losari dengan beberapa desa dan juga Gunungwuled khususnya terputus akibat hujan lebat yang mengguyur daerah tersebut beberapa hari yang lalu. Karena jembatan ini merupakan akses terpenting  warga desa Gunungwuled dan desa-desa di sekitarnya kesulitan melaksanakan aktifitas hariannya,termasuk siswa SMP,SMA yang biasanya berangkat jam setengah tujuh pagi sekarang mereka harus berangkat lebih awal pukul 5.30 pagi mereka harus melewati jalan yang melalui daerah desa Tanalum yang jaraknya tiga kali lipat dari jarak yang biasanya, sekitar 15 kilometer dari Gunungwuled - Losari.

Rumah di sekitar jembatan pun ikut terbawa longsor, penghuni rumah telah di evakuasi di tempat yang aman. Sampai saat ini belum ada tindakan seknifikan yang di lakukan oleh pemerintah daerah, padahal warga sangat mengandalkan jalur tersebut karena jalan yang sekarang dilalui sekarang ini yang melalui desa Tanalum tidak memungkinkan untuk terus di gunakan sebagai akses utama, karena jalannya yang terjal dan rusak parah. Apa lagi sekarang banyak kendaraan baik truk, mobil, dan motor yang melalui jalan tersebut. Akibatnya banyak warga yang terperosok atau jatuh karena rusaknya jalan. 

Pemerintah Kabupaten Purbalingga memang telah meninjau lokasi bencana, baik dari Pemerintah daerah, TNI,SAR serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah, tetapi belum melaksanakan tindakanapapun terkait penanggulangan bencana tersebut, hanya mendirikan posko bencana darurat di salah satu rumah warga terdekat. Belum ada kejelasan kapan jembatan tersebut akan di perbaiki. Warga Gunungwuled meminta pemerintah untuk secepatnya melakukan tindakan perbaikan.  menurut pihak berwenang butuh waktu yang cukup lama dan dana yang cukup besar untuk perbaikan.

Zulfikar alias Omen
             


Artikel terkait:

1 comments:

Pena Vita said...

Mebuai bencana di musim penghujan. Tantangan sebagaipenghuni pegunungan. Moga ada respon yang baik untuk segera diperbaiki ea...

lebih jelas lagi kalau ada foto lokasi...
hehehehe....

Post a Comment

Budayakan meninggalkan jejak di blog yang dikunjungi dengan memberikan komentar, terimakasih....

 
Desain diolah oleh Sofyan NH | Bloggerized by Ideaku Online | Gunungwuled